Sebagian besar dari kita pada satu waktu atau yang lain, atau mungkin sepanjang waktu, ingin memperbaiki cara kita makan, berolahraga, tidur, dan mengelola stres. Namun membuat perubahan untuk melihat peningkatan ini sering kali masuk dalam kategori “niat terbaik” dan tidak banyak kemajuan yang terjadi. Mempertahankan perubahan niat baik itu dan membangun kebiasaan baru membutuhkan banyak upaya yang terfokus dan sadar. Dengan COVID19 dan tantangan yang dihadapi negara, kita dapat dengan mudah teralihkan dari menjaga kesehatan kita.

Namun demikian, kami tetap khawatir tentang kesehatan, umur panjang, dan kualitas hidup kami dan sekarang lebih dari sebelumnya. Mungkin jika kita memahami mengapa sulit untuk mempertahankan perubahan yang sehat, kita mungkin dapat memanfaatkan ketahanan batin kita untuk mengubah kebiasaan gaya hidup kita dan mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Pada tahun 2009 dua peneliti, Richard Thaler, seorang ekonom, dan Cass Sunstein, seorang sarjana hukum, merilis sebuah buku mani, Nudge: Meningkatkan Keputusan Tentang Kesehatan, Kekayaan, dan Kebahagiaan. Sederhananya, penulis mempromosikan konsep “arsitektur pilihan” gagasan bahwa cara pilihan disusun dapat memiliki efek positif pada bagaimana orang membuat keputusan untuk melakukan sesuatu untuk keuntungan mereka. Dengan kata lain, orang dapat “didorong” ke dalam pilihan yang tepat dengan cara menyusun jalan untuk membuat pilihan positif.

Sebagian besar dari kita lebih suka kesederhanaan dan apakah itu yang terbaik untuk kita atau tidak, akan mengambil jalan yang mudah. Thaler mempromosikan dua sistem pengambilan keputusan. Salah satunya adalah Sistem Otomatis yang kita gunakan ketika membuat respons atau keputusan yang bersifat naluriah, intuitifhampir tidak sadar, seperti menertawakan sesuatu yang lucu atau makan keripik kentang yang banyak tanpa berpikir. Sistem Otomatis biasanya melayani kami dengan baik. Kami melewati hari kami tanpa harus berpikir terlalu banyak tentang pilihan biasa. Yang lainnya adalah Sistem Reflektifyang membutuhkan proses pengambilan keputusan yang disengaja, sadar, dan bijaksana, seperti memutuskan untuk menyisihkan sebagian dari gaji Anda untuk ditabung atau menolak sepotong kue cokelat. Dengan menerapkan konsep “arsitektur pilihan”, kita dapat merencanakan serangkaian “dorongan” untuk membimbing diri kita sendiri di jalan untuk meningkatkan nutrisi dan aktivitas fisik kita. Tetap berpegang teguh pada rencana Anda selama empat hingga enam minggu sehingga Sistem Otomatis dari kebiasaan sehat baru dimulai.

Baca Juga:  Essentials Musim Panas untuk Rambut Sehat

Gunakan saran “dorongan” di bawah ini sebagai daftar periksa Anda. Tambahkan “dorongan” Anda sendiri ke daftar.

Dorongan Untuk Makan Sehat: Perencanaan Sistem Reflektif adalah kunci untuk mengendalikan apa yang Anda makan.

  • Dapatkan dukungan dan persetujuan dari keluarga Anda untuk menjadikan makan sehat sebagai tujuan keluarga. Itu termasuk mendefinisikan apa yang sehat.
  • Rencanakan menu sehat untuk seminggu sarapan, makan siang, makan malam, camilan.
  • Daftar belanjaan Anda harus mencerminkan menu Anda. Tetap pada daftar.
  • Jauhkan makanan ringan olahan dari daftar, keluar dari dapur.
  • Kumpulkan daftar nutrisi makanan cepat saji sehingga Anda dapat membuat pilihan yang sehat dan rendah kalori sebelum memesan.
  • Sisihkan waktu setiap minggu untuk menyiapkan makanan seperti memotong sayuran untuk salad dan makanan ringan atau membuat dan membekukan sup untuk memudahkan memasak saat sibuk.
  • Gunakan piring yang lebih kecil untuk mengontrol porsi.

Dorongan untuk Aktivitas Fisik: Rekomendasinya adalah 150 menit setiap minggu untuk aktivitas fisik intensitas sedang. Jika itu tampak menakutkan, ingatlah langkahlangkah kecil pada awalnya mengarah ke lebih banyak langkah dan imbalan besar.

  • Sebutkan jenis kegiatan yang ingin Anda lakukan dan dapat Anda lakukan. Menari dan berkebun adalah pilihan.
  • Tulis jadwal aktivitas Anda di kalender untuk membuat janji dengan diri sendiri.
  • Pastikan Anda memiliki pakaian yang tepat, terutama sepatu, untuk latihan yang Anda rencanakan.
  • Jika Anda berencana menggunakan peralatan olahraga di rumah, carilah di tempat di mana Anda akan melihatnya dan menggunakannya. Ulangi “lihat, gunakan, lakukan”.
  • Siapkan dan gunakan aplikasi di ponsel Anda untuk melacak langkah, jarak, dan intensitas untuk melihat peningkatan Anda. Perbaikan menghasilkan lebih banyak perbaikan.
Baca Juga:  Pentingnya Air untuk Kesehatan yang Baik