Kemungkinan besar Anda sedang mengerjakan kebiasaan makan yang lebih sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Kabar baik. Belum pernah ada banyak kegembiraan dan pengabdian untuk memikirkan makanan dan memasak seperti sekarang ini. Buku masak, situs web, restoran, dan pasar makanan khusus menggoda selera kita dan menjawab pencarian makanan sehat dan baru. Namun, menemukan pendekatan yang tepat untuk makan dapat berarti menyaring banyak fakta dan teori yang mempromosikan diet, suplemen, bahan, dan terkadang informasi yang salah. Apa sebenarnya diet sehat itu?

Salah satu yang paling sehat dan mudah diadopsi adalah Diet Mediterania. Hanya gagasan tentang Mediterania yang menyenangkan kita dengan pemandangan langit yang hangat dan cerah, laut biru yang dalam, dan desadesa menawan yang dipenuhi dengan perahuperahu nelayan. Jika Anda adalah pengunjung yang beruntung ke negara Mediterania, Anda mungkin menemukan diri Anda bersantai di meja kecil, dinaungi oleh payung cerah, dan menyeruput segelas anggur merah lokal. Ditaruh di depan Anda adalah sepiring ikan segar yang baru ditangkap dan sayuran yang dibalut ringan dengan minyak zaitun yang diperas dari pohon zaitun tua berbonggol di lereng bukit di dekatnya. Tambahkan sepotong roti kering. Anda memiliki makanan dari surga. Ini adalah tempat bahagiaku.

Jadi apa diet ini? Pikirkan segar, sederhana, penuh warna, dikemas dengan nutrisi dan yang terbaik, mudah disiapkan. Komponen utama termasuk porsi besar buah dan sayuran, lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola, sebagian kecil kacangkacangan, bijibijian, lebih banyak ikan dan lebih sedikit daging merah, dan produk susu tinggi lemak yang terbatas. Sorotan diet Mediterania adalah kekayaan asam lemak omega3 yang ditemukan dalam minyak zaitun dan ikan yang mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Anda mungkin harus mengatakan “tidak” pada permen, tetapi sedikit anggur merah tidak masalah.

Baca Juga:  Essentials Musim Panas untuk Rambut Sehat

Sebagai ahli diet dan orang yang suka memasak, saya menemukan Diet Mediterania mengemas nutrisi yang luar biasa ke dalam petualangan kuliner dan kesehatan yang lebih baik yang membuat pendekatan diet ini sepadan dengan perubahan kebiasaan makan. Karena segar dan rendah kalori, kaya akan vitamin, mineral, fitokimia dan serat, itu menyebabkan penurunan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan meningkatkan kesehatan usus. Bertahuntahun yang lalu para peneliti menemukan orangorang yang tinggal di pulau Kreta Yunani hidup sampai usia 100an, sebagian besar bebas penyakit. Pola makan yang diberkahi daratan dan lautan, serta aktivitas fisik tampaknya menjadi kuncinya.

Meskipun mungkin tidak ada laut di dekatnya, kami adalah negara yang kaya akan bahanbahan sehat yang ditemukan di supermarket, pasar petani, dan kebun kami sendiri. Jika Anda memikirkan kembali menu Anda, langkah pertama mungkin adalah salad dan sup karena mengandung berbagai bahan segar dan sering kali rendah kalori, tetapi kaya akan vitamin dan mineral. Gunakan kacangkacangan dan lentil untuk menyediakan protein dan serat. Pertimbangkan untuk membuat roti sendiri dengan gandum utuh atau tepung gandum hitam yang dibubuhi bijibijian dan bijibijian kuno. Jus dan smoothie sangat cocok dengan Diet Mediterania. Kacang adalah makanan ringan yang sempurna untuk anakanak yang aktif. Untuk hidangan penutup jika Anda harus, temukan resep yang memasukkan buah sebagai bagian besar dari daftar bahan. Sebuah “perjalanan” ke Mediterania mungkin sedekat supermarket dan dapur Anda.

Baca Juga:  Cara Mendorong Diri Anda untuk Kesehatan yang Lebih Baik