Jika Anda berpikir bibir tidak bisa terbakar sinar matahari sehingga tidak memberikan perlindungan lebih pada bibir saat harus berpanas-panasan di bawah sinar matahari, Anda salah besar. Jika bibir menjadi sangat kering dan pecah-pecah, disertai bintil-bintil kecil yang melepuh dengan rasa sakit atau sensasi terbakar, itu artinya bibir Anda sudah terbakar sinar matahari.

Menurut dokter kulit Adeline Kikam yang ada di sekitar Wisata Alam Majalengka, DO, FAAD, dibandingkan bagian wajah Anda yang lain, bibir justru memiliki konsentrasi melanin yang lebih rendah dan lapisan kulit yang lebih sedikit sehingga membuatnya lebih rentan terhadap sengatan matahari. Dengan perawatan yang tepat, proses penyembuhan bibir terbakar bisa memakan waktu 1-2 minggu. Namun, jika luka terbakar sudah berada di tingkat dua, Adeline menyarankan untuk menemui dokter kulit.

Lalu, bagaimana cara terbaik yang bisa Anda lakukan supaya bibir tidak terbakar sinar matahari, meskipun harus berpanas-panasan seharian? Adeline menyarankan beberapa cara di bawah ini.

  1. Jauhi sinar matahari. “Jika memungkinkan, batasi paparan sinar matahari. Saat berada di luar ruangan, bahkan saat hari mendung, usahakan memakai topi bertepi lebar yang memberikan keteduhan yang cukup ke seluruh wajah, termasuk bibir,” ujar Adeline.
  2. Gunakan lip balm dengan SPF. Sama seperti untuk kulit, Anda juga harus menggunakan lip balm dengan kandungan SPF 30 setiap akan beraktivitas. Jangan lupa untuk kembali mengoleskannya ke bibir setiap 30-60 menit sekali karena perlindungan SPF di bibir lebih cepat berkurang saat Anda berbicara, makan, minum, dan sebagainya.
  3. Hindari lip gloss berkilau. Adeline meminta Anda untuk menghindari (atau membatasi) penggunaan lip gloss yang sangat berkilau dan transparan, kecuali jika sebelumnya sudah menggunakan lip balm dengan SPF. Mengapa? “Lip gloss jenis ini sebenarnya menarik lebih banyak penetrasi cahaya ke bibir Anda,” katanya.
  4.  Pakai masker. Selain melindungi diri dari virus korona dan virus berbahaya lainnya, manfaat lain dari pemakaian masker adalah memberikan pelindung fisik terhadap paparan sinar UV ke bagian tengah wajah, termasuk mulut, sehingga bibir tidak terbakar sinar matahari meski harus berpanas-panasan di luar ruangan.
Baca Juga:  Cara Terbaik Untuk Mengatasi Jerawat Mata